Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat


Jerawat batu atau cystic acne merupakan jerawat dengan ukuran yang besar, jika diraba akan terasa bahwa benjolannya hingga ke dalam, jauh di bawah lapisan permukaan kulit. Jerawat ini biasanya disertai peradangan hebat, dan jika tidak tangani dengan benar dapat menyebabkan penyebaran pada bagian wajah lainnya. Dalam banyak kasus, jerawat batu juga beresiko tinggi menginggalkan bekas luka, yang bukan hanya berupa noda hitammerah, akan tetapi luka parut. Proses penyembuhan luka parut jauh lebih sulit dibandingkan dengan menghilangkan noda hitam/ merah bekas jerawat. Penjelasan mengenai bekas luka parut dan penyembuhannya dapat dilihat di artikel Cara menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat. Bahkan salah satu skin care ternama di Indonesia mengatakan bahwa luka parut tidak dapat disembuhkan 100%.  Oleh sebab itu, di sini lah pentingnya mengobati dengan benar, karena akan lebih mudah mengobati jerawatnya dibandingkan dengan bekas lukanya, terlebih apabila bekas luka yang ditinggalkan berupa luka parut. Caranya yaitu tidak lain dengan pengobatan medis, tentu saja dengan didampingi ahli medis (dokter).


cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat


5 Pilihan Pengobatan Jerawat Batu secara Medis


  1. Gunakan antibiotik sesuai petunjuk dokter, karena penggunaan antibiotik yang tepat terbukti efektif menyembuhkan jerawat. Bicarakan  dengan dokter mengenai jangka waktu pemakaian obat ini, serta efek samping yang mungkin timbul seperti alergi, gangguan kerusakan hati, komplikasi kehamilan, dll. 
  2. Khusus wanita, cobalah meminta pengobatan hormonal. Karena jerawat berkaitan dengan hormon dalam tubuh kita. Kebanyakan dokter memberi resep pil KB atau obat anti-androgen untuk mengontrol jerawat. Tanyakan pada dokter efek samping yang mungkin terjadi, misalnya siklus menstruasi menjadi tidak teratur, kelelahan, pusing, nyeri payudara, dsb.
  3.  Alternatif lain, cobalah terapi Retinoid Topikal. Retinoid topikal meliputi Adapalen, Tazarotene (tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui), dan Tretinoin (Efektif dimulai dari dosis rendah). Terapi ini biasanya khusus menangani kasus jerawat sedang hingga berat. Dalam terapi ini, jerawat anda akan bertambah parah sebelum akhirnya membaik, seperti kulit kemerahan, kulit menjadi kering, pengelupasan, dll. Biasanya dalam waktu 3 minggu hingga 1 bulan kulit anda akan kembali membaik.
  4. Terapi Sistemik Retinoid atau Oral Retinoid. Sistemik retinoid seperti isotretinoin (accutadne) sangat efektif dalam mengobati jerawat batu. Namun biasanya penggunaan isotretinoin hanya digunakan untuk jerawat batu dengan tingkat keparahan tinggi.
  5. Terapi Laser. Terapi ini tidak hanya untuk meminimalkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat batu, tetapi juga mampu meghentikan penyebaran/ peradangan jerawat batu. 

Itulah 5 cara menghilangkan jerawat batu dengan cepat. Cara ini diyakini cukup ampuh dalam mengobati jerawat batu yang cenderung sulit untuk diatasi.  Namun agar proses pengobatan lebih maksimal, lakukan juga cara menghilangkan jerawat baru secara alami, sebagai treatment pengobatan rumahan yang tidak kalah penting, dan dapat membatu mempercepat proses penyembuhan secara medis.


Jual online obat jerawat herbal ber bpom alami aman ampuh tanpa proses detox