Cara Memutihkan Kulit Ketiak Secara Alami dan Medis


Tidak percaya diri menggunakan baju/ dress tanpa lengan karena noda hitam di ketiak? Jangan khawatir, ada banyak solusi yang dapat anda tempuh. Kali ini akan dibahas Cara Memutihkan Kulit Ketiak dalam 12 langkah, baik secara alami (pengobatan ala rumahan), maupun secara medis, yang diambil dari situs Wikihow.


tips dan cara memutihkan kulit ketiak secara alami dan medis

Cara Alami


Langkah 1: Gunakan Bahan Pemutih Alami


Sifat asam dan anti bakteri pada beberapa sayur dan buah dapat mencerahkan kulit secara alami. Tiga bahan tersebut diantaranya: kentang, lemon, dan mentimun yang dapat memudarkan bagian kulit yang gelap di bawah lengan.


Kentang


Iris kentang, lalu gosokan pada area yang gelap tersebut. Selain itu anda dapat memarut kentang terlebih dahulu, lalu peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan kentang tersebut pada kulit ketiak, diamkan kurang lebih 10 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih.


Mentimun


Caranya sama seperti pada kentang, anda dapat menggosokan irisan mentimun pada area kulit ketiak yang gelap, atau dengan memarutnya lalu mengambil air perasannya. Langkah selanjutnya, tambahkan perasan mentimun tersebut dengan beberapa tetes air perasan lemon dan bubuk kunyit secukupnya (hingga membentuk pasta). Oleskan pasta pada kulit ketiak, diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.


Lemon


Gosokan irisan lemon pada area kulit ketiak. Buah ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Setelah itu bilas hingga bersih lalu berikan pelembab (bila perlu, karena lemon dapat membuat kulit anda kering). Selain langsung menggosokan irisan buah, anda dapat mengambil air perasannya, lalu tambahkan sedikit bubuk kunyit, yoghurt plain atau madu ke dalamnya hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada kulit ketiak, biarkan kurang lebih 10 menit, bilas hingga bersih.


Minyak Telur


Ambil beberapa tetes minyak telur, usapkan pada kulit ketiak yang gelap lalu pijat-pijat perlahan. Biarkan semalaman. Omega-3 dalam minyak telur mendorong terbentuknya sel kulit baru sehingga kulit menjadi halus dan cerah. Keesokan harinya atau saat mandi, bersihkan dengan sabun yang memiliki pH seimbang.

Langkah 2: Melembabkan


Salah satu langkah penting dalam mencerahkan kulit ketiak adalah melembabkan daerah di sekitarnya setidaknya 2x sehari. Pilihlah pelembab alami seperti lidah buaya.

Langkah 3 - Lakukan Eksfoliasi (Pengelupasan)


Kulit ketiak yang hitam (gelap) dapat diakibatkan oleh sel-sel kulit mati yang bertumpuk. Jadi dengan pengelupasan, dapat mengurangi timbunan sel kulit mati tersebut.


Gula Merah


Campurkan sedikit gula merah halus dengan3 sendok makan minyak zaitun asli. Oleskan pada kulit ketiak yang basah (saat mandi) selama 1-2 menit  atau selama mandi, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini 2x seminggu saat anda mandi.


Baking Soda


Buat pasta yang kental dengan mencampurkan baking soda dan air untuk anda gunakan sebagai scrub. Gosokan pasta tersebut pada area gelap di ketiak anda, lalu bilas dan keringkan. Setelah kering, oleskan bubuk baking soda pada ketiak untuk mencerahkan.


Pasta Baking Soda dan Air mawar


Buat pasta kental dari baking soda dan air mawar, oleskan pada kulit ketiak lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu keringkan. Lakukan hal ini secara rutin hingga terlihat kulit ketiak anda tampak lebih cerah.


Jeruk


Kupas buah jeruk, jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan air mawar dan susu. Oleskan pasta tersebut pada kulit ketiak dan gosok selama 10-15 menit untuk mengangkat sel kulit mati, lalu bilas dengan air dingin.


Batu Apung


Gunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati. Batu apung ini dapat anda peroleh di toko obat atau toko peralatan kecantikan. Caranya, basahi seluruh bagian batu, gosok perlahan pada kulit ketiak.

Langkah 4: Pengobatan Cair


Berikut adalah bahan-bahan yang tidak hanya mencerahkan kulit, tetapi juga membuat kulit ketiak lebih lembut dan segar.


Susu


Di dalam susu terkandung vitamin dan asam lemak sehingga susu merupakan bahan yang efektif dalam mencerahkan kulit. Buat pasta dari 2 sendok makan susu, 1 sendok teh dadih (susu kerbau fermentasi yang kental), dan 1 sendok makan bedak. Oleskan pada kulit ketiak, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin. Kulit ketiak anda pasti lebih lembut dan terbebas dari sel-sel kulit mati , sehingga akan tampak lebih cerah. Untuk hasil terbaik, anda dapat menggunakan krim susu kaya lemak.


Cuka


Campurkan cuka dengan tepung beras untuk mendapatkan khasiat kulit cerah, bebas kuman, dan wangi. Oleskan pasta pada kulit ketiak, biarkan mengering selama kurang lebih 10-15 menit, bilas dengan air hangat.


Minyak Kelapa


Vitamin E dalam minyak kelapa dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap secara bertahap, sehingga untuk hasil terbaik, gunakan secara rutin setiap hari. Sebelum mandi, oleskan pada kulit ketiak (atau bagian kulit lainnya) dan pijat selama 10-15 menit. Bilas dengan sabun yang lembut dan air hangat. Manfaat lain dari minyak kelapa adalah sebagai deodoran alami.

Langkah 5: Membuat Krim Pemutih


Campurkan bedak dengan yoghurt, air perasan lemon, serta bubuk kunyit hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada kulit ketiak biarkan sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Oleskan pasta pemutih ini setiap hari selama 2 miggu, lalu 3x sehari selama 1 minggu untuk mempercepat efek pemutihan.

Langkah 6: Hindari Mencukur dan Mulailah Waxing


Ketiak gelap dapat disebabkan oleh aktivitas mencukur. Oleh karena itu mulai sekarang lakukan waxing untuk menghilangkan bulu-bulu pada ketiak, karena waxing akan mencabut rambut hingga ke akarnya, sehingga area kulit ketiak akan tampak cerah dan lembut.

Langkah 7: Jangan Gunakan Deodoran


Dalam deodoran terkandung banyak bahan kimia antiperspiran yang dapat menggelapkan kulit ketiak efek peradangan. Sebenarnya sangat sedikit orang yang benar-benar memiliki masalah bau badan, sehingga mengiklankan produk deodoran secara besar-besaran harusnya tidak perlu.

Langkah Medis


Langkah 1 : Periksakan ke Dokter


Jika langkah-langkah di atas sama sekali tidak membantu, kemungkinan anda mengidap acanthosis nigricans, yaitu kelainan kulit yang tampak seperti beludru, biasanya berwarna coklat kehitaman di area tertentu, termasuk ketiak.

  • Kondisi ini dapat terjadi sebagai akibat obesitas atau gangguan kelenjar endokrin. Hal ini sering kali ditemukan pada penderita diabetes atau gejala diabetes, dan umumnya banyak ditemukan pada ketutunan orang Afrika.
  • Penyebab lain yang mungkin (termasuk penyakit Addison), adalah gangguan kelenjar hipofisis, terapi hormon pertumbuhan, hipotiroidisme (gangguan kelenjar tiroid), atau pengguna kontrasepsi oral.

Langkah 2: Mengubah Diet Anda


Jika kondisi anda terkait diabetes, tambahkan diet anda dengan membatasi konsumsi karbohidrat dan gula.

Langkah 3 : Berhenti Minum Pil KB


Jika anda menggunakan kontrasepsi berupa pil, beralihlah ke alat kontrasepsi lain, lalu lihathah apakah kondisi kulit anda lebih baik setelah menghentikan penggunaan pil KB.

Langkah 4 : Minta Resep pada Dokter


Retin-A, krim urea 20%, hydroxyacids alpha, dan asam salisilat dapat membantu mengatasi masalah ini, namun tak begitu efektif.
  • Di Indonesia banyak produk pemutih menggunakan zat hydroquinon, padahal kandungan maksimal yang diperbolehkan hanya 4% saja (versi FDA, BPOM Amerika). Mengenai penggunaan produk dengan kandungan hydroquinon, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
  • Gunakan produk pemutih dari merek yang terpercaya.

Langkah 5 : Hentikan Elektrolisis Ketiak


Semua wanita terutama yang berkulit gelap beresiko hiperpigmentasi (penggelapan warna kulit) saat menggunakan perawatan elektrolisis untuk menghilangkan bulu baik pada bagian ketiak atau kulit lainnya. Jadi, sebaiknya hentikan perawatan ini sebelum kulit anda benar-benar menghitam.


review, manfaat/khasiat,testimoni dan harga sabun amoorea