Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dan Alami


Seperti jaringan parut lainnya, noda hitam bekas jerawat merupakan hasil proses penyembuhan alami tubuh yang bekerja untuk membangun kembali serat kolagen dan pembuluh darah. Proses ini dikenal dengan Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), yaitu kondisi kulit yang gelap akibat terjadi trauma kulit seperti: ruam, jerawat, gigitan serangga, dan terbakar.

Penamaan bekas jerawat biasanya didasarkan pada bentuknya: Ice pick scars dan box scars, luka yang berbentuk lekukan kecil. Rolling scars yang berbentuk cekungan kawah yang memanjang, sehingga membentuk tekstur yang bergelombang pada kulit, biasanya hal tersebut terjadi akibat kulit kehilangan serat pendukung.


cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan alami



Dilansir dari situs Livestrong, berikut langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan alami:

Langkah 1


Oleskan sari perasan lemon pada bekas jerawat dengan menggunakan kapas, diamkan selama beberapa menit. Setelah kering, bilas dengan air dingin. Kandungan asam sitrat pada sari lemon ini membantu menjauhkan bakteri yang berbahaya dan secara alami membantu memudarkan jaringan bekas luka yang gelap.

Langkah 2


Uap wajah anda dengan semangkuk air panas selama beberapa menit. Ini akan membantu membuka pori-pori kulit sehingga nutrisi/ obat akan lebih mudah diserap.

Langkah 3


Buat masker yang terbuat dari cendana bubuk dan air mawar dengan perbandingan 2:1. Teksturnya harus lengket dan lentur. Oleskan pasta tersebut pada bekas jerawat sambil dipijat perlahan, lalu biarkan selama beberapa menit hingga kering, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin. Campuran ini berperan sebagai pembersih alami (deep cleanser), yang memiliki sifat anti bakteri yang akan membersihkan bakteri yang tersisa hingga jauh ke dalam pori-pori. Sedangkan air mawar berfungsi melengkapi kolagen dalam proses regenerasi dan merangsang aliran darah

Langkah 4


Oleskan madu pada bekas jerawat (agak banyak/ tebal), biarkan selama kurang lebih 30 menit atau semalaman jika memungkinkan. Menggunakan madu asli lebih baik, enzimnya dapat membantu membangun kembali jaringan yang rusak.

Langkah 5


Gunakan minyak zaitun sebagai pelembab alami. Pijat dan biarkan meresap ke dalam pori-pori. Ini dapat membantu melenturkan kembali kulit yang kaku akibat jaringan parut.


Peringatan


Keampuhan pengobatan secara alami masih belum terbukti. Dokter mungkin akan merekomendasikan penggunaan suatu produk. Untuk kasus bekas jerawat  atau jaringan parut yang cukup parah,  lebih baik konsultasikan dengan ahli kulit.

Tips


Tea tree oil atau air mawar dapat digunakan sebagai pengganti sari lemon sebagai pembersih. Untuk madu dapat dicampur dengan oatmeal agar tidak terlalu kaku saat dioleskan pada wajah. Sensitivitas kulit akan meningkat setelah penggunaan sari lemon, jadi gunakan pelembab dengan SPF disamping minyak zaitun.



review, manfaat/khasiat,testimoni dan harga sabun amoorea