Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mengubah Gaya Hidup


Mengobati jerawat bukan hanya sekedar membersihkan wajah dan pemakaian obat jerawat saja, tetapi juga bergantung pada pola/ gaya hidup yang anda jalani. Berikut 10 gaya hidup yang dapat membantu mengobati jerawat di wajah anda.

tips dan cara menghilangkan dan mencegah jerawat dengan mengubah pola/ gaya hidup



1 - Tidur Cukup 


Menurut sebuah studi yang mempelajari tentang tidur, resiko seseorang mengalami stress secara psikologi meningkat 14% untuk setiap jam tidur yang hilang setiap malam. Lalu apa kaitannya dengan jerawat?

"Stress dapat meningkatkan produksi glukokortikoid, yang dapat menyebabkan kelainan pada struktur dan fungsi kulit, dan dapat membuat kondisi jerawat menjadi lebih parah." Menurut Sonia Badreshia Bansal, seorang dokter kulit di Danvile, CA.

2 - Mengatur Asupan Makanan


Beberapa jenis makanan dapat membuat gula darah meningkat dengan cepat, sehingga memicu peningkatan kadar insulin. Terlalu banyak inulin dalam darah dapat memicu perubahan dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori, sebagai akibat dari peningkatan produksi pada kelenjar minyak.

Jadi mulailah mengatur makanan apa saja yang boleh anda makan dan tidak. Dalam studi American Journal of Nutrition menyarankan anda yang berjerawat agar menambahkan gandum utuh, kacang-kacangan, dan sayuran ke dalam daftar makanan yang harus anda makan, sementara konsumsi pasta, nasi putih, roti, dan gula dikurangi.

3 -  Berolahraga


Dengan berolahraga dapat membantu mengurangi stress. Selain itu, aktivitas ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat mengantarkan oksigen pada sel-sel kulit anda serta membuang zat-zat yang tidak terpakai.

Perlu diingat juga, keringat yang keluar setelah berolahraga dapat menyebabkan jerawat akibat iritasi. Jadi sangat penting untuk mandi saat anda selesai berolahraga.

4 - Banyak Mengkonsumsi Air Putih


Menambah jumlah air putih yang anda minum merupakan cara yang tepat untuk membuang racun di dalam tubuh dan melembabkan kulit anda dari dalam. Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukan keterkaitan antara racun dengan jerawat, namun para peneliti di University of Missouri, Columbia menemukan bahwa dengan meminum sekitar 2 cangkir air putih dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh dan kulit anda.

5. Biasakan Menggunakan Tabir Surya


Sengatan sinar matahari dapat menyebabkan jerawat anda semakin meradang sehingga jerawat anda semakin parah dan menyebabkan timbul bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa dilindungi tabir surya dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

Jadi gunakanlah tabir surya setiap anda keluar rumah. Untuk kulit yang berjerawat anda dapat memilih tabir surya dengan kandungan bahan kimia yang ringan seperti avobenzone, oxybenzone, metoksisnamat, octocylene, dan zinc oxide (dapat dilihat pada label produk). Gunakan juga yang "noncomedogenic" agar tidak menyumbat pori-pori.

6 - Konsumsi Asam Lemak Omega-3


Omega-3 terbukti dapat mengontrol produksi leukotrien B4, yaitu sebuah molekul yang dapat meningkatkan produksi sebum yang menyebabkan peradangan. Omega-3 dapat diperoleh dari suplemen atau makanan seperti kenari, alpukat, minyak biji rami (flaxeed oil), dan salmon.

7 - Bersihkan Wajah 2x Sehari


Wajah memiliki kelenjar penghasil minyak lebih banyak dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya. Bila anda tidak teratur membersihkan wajah anda, make up, keringat, asap, debu, dan kotoran, serta kosmetik yang mengenai kulit anda dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.

Sekalipun anda tidak mandi, usahakan mencuci muka 2x sehari di pagi dan malam hari dengan menggunakan cairan pembersih yang noncomedogenic.

8 - Eksfoliasi (Pengelupasan)


Tak hanya kelenjar minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi juga kelenjar minyak yang sedikit pun dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kulit kering memiliki celah-celah kecil yang dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak, lalu bercampur dengan sel kulit mati, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Cara Mengatasinya adalah dengan pengelupasan kulit secara teratur 2x dalam seminggu, dengan scrub khusus untuk kulit wajah, dilanjutkan dengan mengoleskan pelembab noncomedogenic.

9 - Bersihkan Ponsel Setiap Hari


Beberapa studi menunjukan bahwa ponsel (telepon genggam) merupakan sarang kuman. Dalam sehari saja ribuan bakteri yang ada di ponsel anda dapat menyebar ke tangan atau wajah anda. Selain itu panas yang keluar dari gadget ini dapat membantu bakteri berkembang biak. Untuk meminimalisasi kuman berpindah ke tubuh anda, bersihkan permukaan ponsel anda dengan sedikit hand sanitizer (atau tisu basah penghilang bakteri) setiap hari.

10 - Perhatikan Penggunan Produk Perawatan Rambut


Jerawat akibat rambut berminyak biasanya disebabkan oleh produk perawatan rambut seperti conditioner, shampo, gel atau minyak rambut, dan juga hair spray. Jerawat ini muncul diawali dengan produk perawatan rambut yang terkena kulit wajah lalu meresap ke dalam kulit wajah di sekitar tepian kulit yang berambut, lalu bercampur dengan bakteri yang terjebak dalam pori-pori, sehingga munculah jerawat di wajah anda.

Untuk mencegahnya, gunakanlah produk perawatan rambut sebelum anda membersihkan wajah sehingga produk perawatan rambut yang terkena kulit wajah dapat dibersihkan. Atau anda dapat memilih produk perawatan rambut yang bebas minyak.

Sumber: WebMD

Jual online obat jerawat herbal ber bpom alami aman ampuh tanpa proses detox