Cara Menghilangkan Jerawat yang Parah


Anda tidak boleh membiarkan jerawat parah dan membiarkan terjadinya resiko timbul bekas luka di wajah anda. Ada banyak pengobatan yang dapat mengontrol perkembangan jerawat anda. Kuncinya, selalu konsultasikan dengan dokter kulit agar pengobatan terencana dan sesuai dengan kebutuhan penanganan jerawat anda.


cara terbaik mengatasi jerawat parah


Isotretinoin Untuk Jerawat Parah


Isotretinoin merupakan obat yang sangat ampuh dalam mengobati kasus jerawat yang paling parah. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat ini jika anda memiliki jerawat yang sudah parah, dan tak kunjung membaik setelah diberi pengobatan yang lain termasuk antibiotik

Obat ini berasal dari vitamin A, cara kerjanya yaitu langsung membidik pada jerawat dengan menghentikan produksi minyak dan mengurangi inflamasi (peradangan) yang dapat menimbulkan jaringan parut. Isotretinoin mampu mengontrol jerawat anda untuk waktu yang cukup lama, biasanya sekitar 15-20 minggu.

Efek Samping Isotretinoin


Meskipun cukup efektif dalam mengatasi jerawat yang parah,  berikut beberapa efek samping isotretinoin yang harus anda ketahui:

  • Salah satu efek samping yang cukup serius adalah obat ini dapat menyebabkan cacat lahir pada janin. FDA ( Food and Drug Administration), badan pengawas makanan dan obat-obatan di Amerika mengharuskan wanita usia subur untuk menyetujui secara tertulis penggunaan alat kontrasepsi 1 bulan sebelum penggunaan obat ini, saat penggunaannya, dan 1 bulan setelahnya. 
  • FDA juga memperingatkan bahwa penggunaan isotretinoin beresiko depresi, psikois (gangguan mental), dan ditemukan kasus percobaan bunuh diri (namun jarang). 
  • Saat menggunakan obat ini, dokter akan mengawasi efek samping jadi lakukanlah kunjungan ke dokter setidaknya sebulan sekali. 
  • Sebuah survey membuktikan, 8 dari 10 orang sembuh dari jerawat setelah menggunakan isotretinoin. Tapi sepertiga orang kemungkinan kembali berjerawat setelah sukses dengan pengobatan ini. Biasanya ini terjadi di tahun pertama setelah anda menyelesaikan pengobatan ini. Dokter anda akan merekomendasikan kembali pengobatan dengan isotretinoin atau pengobatan dengan cara lain, tergantung seberapa parah jerawat anda.

Penanganan Jerawat Parah Lainnya


  • Selain dengan isotretinoin, anda dapat mengobati jerawat parah dengan metode pengeringan dan pengangkatan jerawat batu yang besar. Metode ini dapat mengurangi resiko timbulnya jaringan parut.
  • Cara lain yang mungkin direkomendasikan oleh dokter adalah suntik steroid anti peradangan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Jerawat anda akan mengering dalam waktu 2-5 hari setelah penyuntikan.
  • Pilihan lain yang dapat anda pertimbangkan adalah terapi photodynamic (PDT) atau terapi cahaya untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. 

Tips Memilih Pengobatan Untuk Jerawat Anda


  • Ada kecenderungan bahwa jerawat merupakan turunan.  Jika anda menemukan bahwa orang tua dan saudara anda berjerawat disertai jaringan parut, konsultasikanlah hal ini dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat untuk jerawat parah anda.
  • Amati tanda-tanda jika jerawat anda berubah parah. Misalnya anda mendapati jerawat terasa dalam dan menyakitkan. Perhatikan juga apabila ada gejala timbul peradangan atau jaringan parut. 

Ikuti Tips di Bawah Ini Saat Merencanakan Pengobatan


  • Jangan menyia-nyiakan waktu, saat terlihat tanda-tanda jerawat parah, segera konsultasikan dengan dokter. Semakin cepat pengobatan, anda akan melihat hasilnya dengan cepat pula.
  • Jangan mengabaikan efek samping. Jika anda pernah mengalami efek samping dari obat yang diresepkan dokter, harap dibicarakan. Reaksi individu terhadap obat berbeda-beda. Pengobatan yang anda rencanakan haruslah membuahkan hasil.
  • Perhatikan suasana hati anda. Jerawat berkaitan dengan tingginya tingkat kecemasan dan depresi. Jika anda mengalami gejala apapun, bicarakanlah dengan dokter, agar pengobatannya tepat.

Sumber: WebMD


Jual online obat jerawat herbal ber bpom alami aman ampuh tanpa proses detox