Cara Menghilangkan Keloid dalam 2 Langkah


Keloid merupakan bekas luka yang terus tumbuh bahkan saat kulit telah pulih. Keloid menonjol di atas permukaan kulit. Biasanya berwarna merah/ ungu muda, dengan bentuk yang tidak teratur dan cenderung membesar secara bertahap. Untuk menggurangi efek pembesaran luka keloid, berikut 2 cara mengobati kulit dari keloid dengan cepat, yang dapat anda tempuh, adalah dengan perawatan secara alami dan medis, yang dilansir dari situs Wikihow.


tips/ cara menghilangkan keloid dalam 2 langkah, alami dan medis

Langkah 1: Perawatan Secara Alami


Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu memulihkan bekas luka baru, sedangkan untuk bekas luka yang lebih dari setahun kemungkinan kurang efektif. Seberapa efektif lidah buaya dalam mengurangi bekas luka, silahkan dicoba treatment ini. Anda dapat menggunakan gel dari lidah buaya segar ataupun gel lidah buaya kemasan yang dapat anda beli di toko-toko. Oleskan minimal 2x sehari secara rutin.

Sari Lemon

Perawatan bekas luka dengan lemon akan membantu mencerahkan lapisan atas sel kulit, sehingga pelan-pelan bekas luka keloid tersebut akan tersamarkan. Caranya dengan mengoleskan sari perasan lemon pada bekas luka lalu gosok/ pijat. Gunakan 2x sehari untuk hasil tebaik.

Ekstrak Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini terkenal khasiatnya dalam mengurangi bekas luka, sehingga akan sangat membantu dalam pengobatan keloid yang cenderung membesar dari waktu ke waktu. Berikut langkah-langkah pembuatan ekstrak bawang putih tersebut:
  • cincang halus bawang putih
  • siapkan kain katun tipis untuk mengekstrak cairan dalam bawang putih tersebut
  • bungkus ketat cincangan bawang putih tersebut dengan kain katun tipis tadi, lalu tekan-tekan ke mangkuk hinggga sedikit demi sedikit air sari bawang putih tersebut keluar.
Selanjutnya oleskan ekstrak bawang putih tersebut pada luka keloid dengan menggunakan kapas. Lakukan beberapa kali dalam sehari secara rutin.

Vitamin E

Vitamin E merupakan bahan alami yang dapat mengurangi tampilan bekas luka dan mendorong pertumbuhan kulit yang sehat. Nda dapat menggunakan vitamin E dalam bentuk krim atau kapsul yang berisi minyak. Lalu gosokan krim atau minyak tersebut pada bekas luka keloid.

Langkah 2: Perawatan Secara Medis


Salep Penghilang Bekas Luka

Toko obat biasanya menjual krim/ salep/ gel yang khusus diformulasikan untuk mengurangi timbulnya bekas luka yang tampak dari waktu ke waktu. Treatment ini dapat mengurangi gatal, salah satu permasalahan bagi orang yang memiliki bekas luka keloid.
  • Dengan menggunakan perawatan ini biasanya menghabiskan waktu beberapa bulan untuk melihat hasilnya. Caranya mudah, hanya mengoleskan salep/ krim/ gel sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.
  • Cari produk yeng mengandung ekstrak kulit bawang, karena dalam penelitian menunjukan bahwa ekstrak kulit bawang dapat mengurangi pertumbuhan bekas luka.

Suntik Kortison

Suntik steroid ini dapat membantu mengurangi tonjolan bekas luka di atas permukaan kulit. Biasanya dilakukan sebulan sekali hingga memperlihatkan hasil terbaik. Setelah jangka waktu tertentu, keloid akan terlihat rata seperti bagian kulit normal lainnya.
  • Meskipun suntik steroid mampu meratakan keloid, namun tidak dapat mengubah bekas luka kembali ke warna kulit normal anda.
  • Suntik steroid tidak permanen maratakan keloid anda, jika ingin yang permanen anda dapat menggunakan metode pengobatan lain.

Perawatan Laser

Pulsed Dye Laser (PDL) efektif meratakan keloid dan dapat membuat warna keloid yang merah menjadi agak pudar. Pengobatan ini aman dan tidak menyakitkan, tapi treatment ini dilakukan dalam beberapa sesi pengobatan, sehingga harganya mahal, dan biasanya perawatan seperti ini tidak dapat diklaim dengan asuransi.

Lembar Silikon 

Bahan yang digunakan berupa selembar silikon gel yang dilekatkan pada area kulit dengan keloid di atasnya, selama bebrapa jam per hari selama beberapa minggu/ bulan untuk menyamarkan tampilan keloid. Beberapa dokter mengklaim metode ini sama baiknya dengan metode kompresi delain dengan bahan silikon.

Operasi Pengangkatan Keloid

Jika keloid anda benar-benar mengganggu, dokter punya solusi lain yaitu dengan operasi/ pembedahan. Selainn itu ntuk membuat kulit tampak lebih halus dengan warna yang merata dengan warna kulit normal dapat dilakukan dengan operasi plastik.

  • Operasi pengobatan bekas luka cukup mahal, tapi ini adalah cara paling efektif dan signifikan dalam menghilangkan bekas luka keloid.
  • Operasi/ bedah sangat beresiko. Dalam beberapa kasus justru memicu terbentuknya keloid yang serupa atau bahkan lebih besar. Beberapa ahli bedah cukup berhasil dengan metode suntik steroid atau kompresi setelah sebelumnya dilakukan pengangkatan (operasi) dan radiasi pada bekas luka keloid.

review, manfaat/khasiat,testimoni dan harga sabun amoorea